Kamis, 04 November 2010

tugas keempat ("TOPIK DALAM SOSIOLOGI")


Topik dalam Sosiologi: Stratifikasi Sosial dan Mobilitas 

 

Konsep Kunci

  • Stratifikasi sosial: Pembagian dan peringkat hirarkis orang ke lapisan yang terkait dengan derajat yang berbeda dari perintah atas sumber daya materi, kekuasaan, dan prestise. Divisi atas yang mungkin didasarkan stratifikasi meliputi:
    • Pendapatan dan kekayaan: erat berkaitan dengan pendidikan dan status pekerjaan.
    • Ras dan etnis: sosiolog Banyak yang percaya bahwa kategori rasial yang palsu dan lihat perbedaan etnis, bukan bersama. Raceadalah secara sosial dibangun set pembedaan yang mengkategorikan orang berdasarkan karakteristik biologis mereka.Etnisitas adalah cara mengkategorikan orang-orang di basis budaya, bahasa, atau identitas nasional.
    • Gender: Himpunan dibangun makna sosial, praktek, norma, keterampilan, dan karakteristik lain berasal orang berdasarkan jenis kelamin biologis.
    • Umur: Dalam banyak masyarakat, kekuasaan, prestise, hak, dan kewajiban yang ditugaskan kepada orang-orang berdasarkan usia mereka.
  • Stratifikasi sistem: Satu set spesifik hubungan antara kelompok bertingkat dalam masyarakat. Sebagian besar masyarakat yang kompleks memotong beberapa sistem stratifikasi. Sosiolog telah mengidentifikasi empat jenis utama:
    • Perbudakan: Stratifikasi sistem di mana beberapa orang memiliki orang lain sebagai milik mereka dan mengendalikan kegiatan mereka.Orang menjadi budak melalui kelahiran, kekalahan militer, atau utang.
    • Kasta: Stratifikasi sistem di mana orang telah diserahkan kepada kelompok sosial (kasta) dari orang tua mereka. afiliasi mereka memerlukan hak khusus dan tugas dan menentukan gaya hidup mereka, pilihan pekerjaan, kekayaan, dan prestise.
    • Properti: Stratifikasi sistem yang didasarkan pada perbedaan adat dan hukum antara kelompok yang memiliki tanah dan kekuasaan berdasarkan kelahiran mulia, dan kelompok yang bekerja untuk kelompok pertama dalam pertukaran tanah dan perlindungan.
    • Kelas: Lihat Pemikir sosiologis Klasik> Kelas Karl> Marx dan Elemen> Masyarakat Struktur Sosial> Konsep kunci: Marxisme, Weber, dan Teori Konflik> Kelas Sosial.
  • Mobilitas sosial: Gerakan individu atau kelompok atas dan ke bawah hirarki stratifikasi. Mobilitas tergantung pada jenis stratifikasi: Hal ini sangat jarang di bawah perbudakan dan lebih umum di bawah sistem kelas.
 

Mayor Perspektif

Marx
  • Lihat Pemikir sosiologis Klasik>> Konsep-konsep Karl Marx Kelas>.
Weber
  • Masyarakat dikelompokkan berdasarkan kelas, hierarki status, afiliasi politik, dan sebutan lainnya.
Teori fungsionalis
  • Stratifikasi mencerminkan sistem nilai-nilai bersama seluruh masyarakat.
  • Stratifikasi dan kesenjangan melayani fungsi positif dengan memastikan bahwa peran yang paling penting dilakukan oleh kebanyakan orang yang berkualitas.
Teori konflik
  • masyarakat kontemporer yang dikelompokkan berdasarkan kelas, status, etnis, gender, dan divisi-divisi lain.
  • Stratifikasi melibatkan sistem dominasi dan eksploitasi dari beberapa kelompok oleh orang lain.
Simbolik Interaksionisme
  • Fokus pada-to-face interaksi hadapi dalam masyarakat bertingkat dan kelompok.

    fungsional teori stratifikasi

    fungsional teori stratifikasi Dalam sebuah artikel klasik menguraikan 'Beberapa Prinsip Stratifikasi' (American Sociological Review, 1945), Kingsley Davis dan Wilbert Moore dan
    berpendapat bahwa penghargaan sosial dan ekonomi yang tidak merata itu merupakan 'berevolusi perangkat tanpa disadari oleh masyarakat yang memastikan bahwa individu-individu berbakat yang diberikan dengan motivasi untuk mengikuti pelatihan yang akan menjamin bahwa sosial yang pentingperan itu dipenuhi dengan baik. Dengan cara ini, yang paling penting fungsi yang akan dilakukan oleh orang yang paling berbakat, dan penghargaan terbesar ke posisi-posisi yang dibutuhkan kebanyakan pelatihan dan yang paling penting untuk pemeliharaan sistem sosial .

    Teori ini (dan tetap) sangat berpengaruh tetapi telah menghasilkan kontroversi besar. (M. Tumin 's Pembacaan di Stratifikasi Sosial, 1970
    , Menawarkan pilihan yang baik kontribusi klasik untuk perdebatan itu. Davis dan Moore) didasarkan pada argumen fungsionalis dengan dasar pikiran tatanan sosial yang bertumpu pada nilai-nilai konsensus yang menentukan tujuan kolektif yang pada kepentingan umum. Dalam rangka mendorong orang-orang yang paling mampu mewujudkan tujuan-tujuan tersebut perlu untuk menawarkan hadiah yang tidak setara. Kedua proposisi ini telah diduga telah ditemukan secara empiris ingin. Kritik juga menyarankan bahwa teori hanyalah sebuah apologia bagi ketidaksetaraan. Beberapa juga berpendapat bahwa itu adalah tautologis (melingkar), karena mengusulkan bahwa pekerjaan dan peran sosial lainnya yang dihargai paling tinggi yang paling penting bagi stabilitas sosial, dan kemudian mengutip tingkat tinggi penghargaan sebagai bukti penting sosial mereka. Apa yang kurang di seluruh perdebatan panjang, dan belum ditemukan, adalah kriteria 'kepentingan sosial' yang secara konseptual independen dari hadiah dialokasikan. Namun demikian, teori terus menginformasikan topik penting dari diskusi sosiologis, termasuk misalnya literatur tentang mobilitas sosial dan sosial keadilan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar