Selasa, 01 Mei 2012

tentang facebook,twitter,dan myspace

Pengertian Facebook dan Sejarah Facebook


Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu. Panduannya bisa dilihat di sini cara membuat email.
Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!
Pengertian facebook adalah? Meskipun keseharian kita bermain dengan facebook, tapi kalau tiba-tiba disuguhi pertanyaan seperti itu adakalanya juga bingung mau menjawab apa.  Untuk itu simak yang di bawah ini.
Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu. Panduannya bisa dilihat di sini cara membuat email.
Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!

dan facebook juga sama seperti ini..

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.


#
Apa sih sebenarnya Twitter itu?
Twitter adalah sebuah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut Tweet. Ini adalah sebuah cara baru yang mudah untuk menemukan berita terbaru (“apa yang sedang terjadi” yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda gemari.
Apa Guna atau fungsi Twitter ini?
Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga. Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di beranda Anda untuk Anda baca. Rasanya seperti dikirimi sebuah koran yang berita utamanya selalu Anda rasa menarik – Anda dapat menemukan berita pada saat sedang terjadi, belajar lebih banyak tentang topik yang penting bagi Anda, dan mendapatkan informasi langsung dari narasumber secara aktual.
Sebelum saya mengupas tuntas pengertian Twitter, cara menggunakan Twitter yang lebih efektif dan lain sebagainya, saya fikir saya harus menunjukkan dulu bagaimana cara mendaftar atau membuat akun Twitter yang akan saya tuliskan besok, jadi untuk hari ini baca dulu yang diatas dengan seksama (terutama tulisan yang sya garis bawahi) dan silahkan tinggal komentar bila ada yang kurang jelas.
 

Sejarah

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Pertumbuhan

Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.

Secara Keseluruhan

Pesan

Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.

Konten Dalam Twitter

Laman Utama (Home)

Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.

Profil

Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

Pengikut (Follower)

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Ikutan (Following)

Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Gamitan (Mentions)

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorit

Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Pesan Langsung (Direct Message)

Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Tagar (Hashtag)

Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

Senarai (List)

Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Topik Hangat (Trending Topic)

Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Isi Kicauan

Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
  • Berita
  • Spam
  • Promosi diri
  • Celoteh tidak berarti
  • Percakapan
  • Nilai lewat-terus (pass-along)

Peringkat

Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

Aplikasi pihak ketiga

Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity

Demografi

Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.

Kerahasiaan pribadi dan keamanan

Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

Penggunaan Twitter di Indonesia

Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.


##

MySpace

Blurbs, blog, multimedia

Profil dalam MySpace berisi dua standar "blurbs", yaitu bagian "About Me" dan "Who I'd Like to Meet”. Profil juga memuat bagian "Interests" dan "Details". Pada bagian "Details", status dan daftar zodiak selalu ditampilkan kecuali jika anggota tidak mengisinya. Profil juga berisi blog dengan aspek standar untuk isi, emosi, dan media. MySpace juga dapat mengunggah gambar. Salah satu gambar dapat dipilih untuk menjadi gambar default, yaitu gambar yang akan terlihat pada halaman utama profil, halaman pencarian, dan juga sebagai gambar yang akan muncul di samping nama pengguna pada komentar, pesan, dan lain-lain. Tersedia pula sebuah editor foto oleh FotoFlexer yang tidak hanya dapat memotong gambar dan mengantur kontras, tetapi juga dapat mengubah foto menjadi kartun atau memasang wajah pengguna dalam foto bergambar uang $100. Seperti pada layanan video MySpace, flash bisa dimuat. Tersedia pula fitur blogging. Fitur-fitur ini bisa disimpan di profil dengan menggunakan pengkostumisasi modul atau menggunakan kode HTML/CSS. Foto bisa ditampilkan di MySpace, tidak dengan link seperti zaman tahun-tahun sebelumnya. Dan foto-foto dapat dibuat menjadi bentuk slide show.

Komentar

Di bawah daftar teman pengguna MySpace terdapat lahan untuk bagian komentar, dimana teman-teman pengguna dapat meninggalkan komentar yang bisa dibaca oleh siapapun yang membuka profil pengguna tersebut. Pengguna MySpace memiliki pilihan untuk menghapus komentar apapun atau mengharuskan semua komentar untuk disetujui sebelum posting. Jika akun pengguna dihapus, setiap komentar dari pengguna yang ada di profil lain akan dihapus, dan diganti dengan komentar yang menyatakan "This Profile No Longer Exists", artinya profil tersebut tidak ada lagi. Pilihan untuk menggunakan HTML dalam komentar bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

Profil kustomisasi (HTML / CSS)

MySpace memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan halaman profil pengguna dengan memasukkan HTML (tetapi tidak JavaScript) ke bagian-bagian seperti "About Me", "I'd Like to Meet", dan "Interests". Video dan konten berbasis flash bisa dimasukkan dengan cara ini. Pengguna juga memiliki pilihan untuk menambahkan musik ke halaman profil mereka melalui MySpace Music, sebuah layanan yang memungkinkan band-band untuk memasang lagu mereka di MySpace.
Seorang pengguna juga dapat mengubah penampilan umum halamannya dengan memasukkan CSS (dalam elemen <style> ... </style>) ke salah satu bidang untuk menimpa gaya default halaman lembar tersebut menggunakan editor MySpace. Hal ini sering digunakan untuk pemilihan font dan warna. Ada beberapa situs web independen yang menawarkan fungsi mendesain tata letak MySpace yang memungkinkan pengguna untuk memilih dan meninjau seperti apa halaman mereka akan terlihat dengan bantuan desain tersebut. Pada tahun 2008, MySpace meluncurkan Profile 2.0 baru sebagai generasi berikutnya dari profil MySpace. Profile 2.0 memiliki antarmuka yang bersih serta kemampuan untuk menyembunyikan atau menampilkan modul profil, bersama dengan menyesuaikan posisi modul pada profil. Susunan tata letak Profile 2.0 dirilis di internet secara langsung dalam waktu cepat karena penggunaan tata letak MySpace klasik tidak bekerja dengan Profile 2.0.
Profile 2.0 dikritik karena tidak mempertimbangkan hak ketika mencoba untuk menambahkan kustom CSS. Untuk menambahkan kustom CSS, tema asli akan dibuang dan membuat banyak MySpace tweak tidak fungsional dalam tata letak Profile 2.0. Pada tahun 2010, MySpace meninggalkan tata letak Profile 1.0 dan menjadikan Profile 2.0 sebagai fitur standar profil. Keunggulannya adalah antarmuka yang bersih dan banyaknya tema yang dikemas dengan customizer, juga dengan membuat tema kustom menggunakan berbagai parameter pengeditan profil. Aplikasi digunakan untuk dekorasi. Sementara Profile 2.0 adalah standar tata letak, suatu profil baru mulai diluncurkan sebagai peningkatan mutu yang bersifat opsional. Profil baru ini diluncurkan untuk mengikuti tren dari antarmuka profil modern dan memberikan suatu desain yang lebih dewasa dan sederhana. Profile 3.0 memungkinkan pengguna menggunakan kustomisasi yang lebih lebih fleksibel dan membangun tema dengan lebih sederhana, namun tidak jauh berbeda dari antarmuka Profile 2.0.

Musik

Profil MySpace untuk musisi pada bagian situs web MySpace Music berbeda dari profil normal, profil ini memungkinkan seniman untuk mengunggah seluruh diskografi mereka yang terdiri dari lagu-lagu dengan format MP3. Sang pengunggah harus memiliki hak untuk menggunakan lagu-lagu (misalnya karya mereka sendiri, izin yang diberikan, dll). Musisi yang tidak berkontrak dapat menggunakan MySpace untuk mengirim dan menjual musiknya dengan menggunakan SNOCAP, yang telah terbukti populer di kalangan pengguna MySpace.

Tak lama setelah MySpace dijual kepada Rupert Murdoch, pemilik berita Fox dan 20th Century Fox, pada 2005 mereka meluncurkan label rekaman mereka sendiri, MySpace Records, dalam upaya untuk menemukan bakat yang tidak diketahui saat ini di MySpace Music. Dari artis yang sudah menjadi terkenal atau masih mencari jalan masuk ke industri, seniman dapat mengunggah lagu mereka ke MySpace dan memiliki akses ke jutaan orang setiap hari. Beberapa penyanyi terkenal seperti Lily Allen dan Sean Kingston memperoleh ketenaran melalui MySpace. Ketersediaan musik pada situs web ini terus berkembang, sebagian besar didorong oleh bakat muda. Lebih dari delapan juta seniman telah ditemukan oleh MySpace dan banyak lagi yang akan terus ditemukan setiap harinya. Pada akhir 2007, MySpace meluncurkan situs The MySpace Transmission, yang memuat serangkaian serial mengenai rekaman langsung di studio oleh seniman terkenal.

MySpace, pada tahun 2008, telah mendesain ulang halaman musik dengan menambahkan fitur baru untuk semua musisi. Fitur-fitur baru ini termasuk kemampuan pengguna untuk membuat playlist, menyerupai fungsi Last.fm dan situs musik sosial, bersama dengan ProjectPlaylist yang populer di profil. Fitur musik yang baru ini juga menampung lagu-lagu dari artis populer, menyerupai layanan dari iTunes dan Napster. Pada bulan Maret 2010, mendengarkan lagu penuh dalam hasil pencarian tidak lagi dilakukan dan telah digantikan oleh sampel 30 detik. MySpace Music juga menyarankan lagu-lagu berdasarkan lagu-lagu yang sedang pengguna dengarkan atau lagu-lagu yang pengguna telah cantumkan dalam daftar putar, menjadikannya sebagai alat pendeteksi musik.

MySpace Music juga memperbaharui fitur playlist dan profil artis, bersama dengan fitur saran musik yang lebih baik, menjadikannya salah satu situs musik yang maju di Web. Situs web ini memiliki grafik yang mirip dengan grafik lagu Billboard dan melacak musik paling populer yang disukai oleh pengguna MySpace dari semua genre. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat musik populer di negara-negara lain di dunia, terutama di Eropa dan negara-negara Asia seperti Cina dan Rusia. Hal ini menyokong dan membantu mempromosikan musik internasional di seluruh dunia, sehingga globalisasi dunia musik tercipta lebih mudah dari sebelumnya. Situs web ini juga memungkinkan pengguna untuk menemukan lagu-lagu dan album baru, untuk mendapatkan ujung tombak musik baru.

Kritik Sosial dan Budaya

Dave Itzkoff, dalam Playboy (majalah) Juni 2006, mencoba memaparkan pengalamannya dengan keanggotaan beliau di MySpace. Dia mengindikasikan bahwa duplikasi desain sentral MySpace dilakukan untuk menyatukan orang-orang. Salah satu di antara beberapa kritiknya berkaitan dengan jarak yang dapat dijangkau internet memberikan keberanian bagi pengguna, contohnya bagi pengguna wanita yang menampilkan foto dirinya dengan pakaian minim pada halaman profilnya atau bersikap dan berperilaku tidak seperti yang akan mereka lakukan dalam kehidupan nyata.
Itzkoff juga berpendapat tentang sifat adiktif, bahwa situs ini memakan waktu penggunanya. MySpace memberikan akses banyak orang kepada kehidupan anggota, tanpa memberikan waktu yang dibutuhkan untuk mengelola hubungan tersebut dan bahwa relasi tersebut tidak memiliki kedalaman hubungan.
Itzkoff mengkritisi permohonan komersial dengan cara yang lebih halus di situs, seperti spanduk web dan link ke profil dan video klip yang berubah menjadi, misalnya, iklan untuk keluaran baru 20th Century Fox film. Ia juga mengamati bahwa bagian musik yang sangat didukung dan diapresiasi oleh MySpace lebih berat kepada keinginan label perusahaan rekaman, bukan musisi terobosan.
Dalam kritik yang sehubungan dari seorang yang disebut 'Judas' oleh Itzkoff, dia mengilustrasikan bahwa saat tujuan “untuk menghubungkan dan menyatukan orang-orang yang mungkin tidak bergaul dengan satu sama lain dalam kehidupan nyata” mungkin tampak mulia, MySpace melanggar kontrak sosial, sehingga ia menilai bahwa MySpace tidak lebih dari situs iseng belaka.

Hak Musisi dan Perjanjian Persyaratan Penggunaan MySpace

Sampai dengan Juni 2006, ada perhatian dari para musisi, seniman, dan band di MySpace seperti penulis lagu Billy Bragg mengenai fine print dalam perjanjian pengguna yang berbunyi, "Anda dengan ini memberikan kepada MySpace.com sebuah lisensi yang berlaku di seluruh dunia (dengan hak untuk mensublisensikan dengan tingkat sublisensi yang tidak terbatas) yang bersifat non-eksklusif, dan bebas royalti untuk menggunakan, menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, menampilkan dan menyajikan kepada umum, menyimpan, memperbanyak, mentransmisikan, dan menyebarluaskan konten tersebut pada dan melalui Layanan. "
Fine print ini membawa kekhawatiran tertentu sebagai perjanjian yang dibuat oleh Murdoch's News Corporation. Billy Bragg membawa masalah ini ke media dan menarik perhatian pada minggu pertama di bulan Juni 2006. Jeff Berman, seorang juru bicara MySpace cepat menanggapi isu ini dengan mengatakan, "Karena kelegalan tersebut telah menimbulkan kebingungan, kami sedang bekerja merevisinya untuk membuat kejelasan bahwa MySpace tidak mencari izin untuk melakukan hal-hal berkaitan dengan hasil kerja seorang seniman selain memungkinkannya untuk dibagikan dengan cara yang seniman kehendaki.”
Pada 27 Juni 2006, MySpace telah mengubah perjanjian pengguna tersebut menjadi "MySpace.com tidak mengklaim hak kepemilikan dalam teks, file, gambar, foto, suara, video dan video karya musik, karya kepengarangan, ataupun materi lain (secara kolektif, Content) yang Anda posting dengan Layanan MySpace. Setelah posting konten Anda ke Layanan MySpace, Anda dapat terus mempertahankan semua hak kepemilikan dalam materi tersebut, dan Anda terus memiliki hak untuk menggunakan konten Anda dengan cara apapun yang Anda pilih.”

Senin, 31 Oktober 2011

computer dan network security

System and Security di Windows 7

Windows 7 menyediakan berbagai fasilitas yang berhubungan dengan keamanan komputer Anda, seperti Windows Firewall, Windows Update dan Windows Defender. Selain itu, untuk keamanan keluarga dalam meggunakan kompter Windows 7 juga menyediakan fasilitas yang disebut dengan Parental Control. Dengan Parental Control ini pemakai bisa mengatur tingkat keamanan dan penggunaan Windows 7 bagi keluarga atauun pengguna lainnya. Dengan Parental Control, pemakai bisa megatur jadual penggunaan, tingkat keamanan, sampai dengan pengaturan aplikasi yang diperbolehkan untuk tertentu sesuai dengan access yang diberikan kepadanya.
Fasilitas lain yang juga sangat pentig adalah keamanan sistem dan data. Windows 7 menyediakan fasilitas untuk keperluan tersebut, yaitu Backup dan Restore. Dengan fasiltas ini pemakai akan merasa aman untuk meggunakan kompternya.
Kadang tiba-tiba komputer tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dalam keadaan seperti ini biasanya kita ingin kembali ke konfigurasi awal ketika mesin tersebut berjalan dengan baik. Namun, tentu saja Anda ingin menyimpan semua data baru termasuk data yang sudah diubah. Untuk menghindari hal ini Anda sebaiknya selalu menggunakanfasioitas Backup untuk mengamankan data dan sistem Anda. Fasilitas backup ini dalam hal kegunaannya akan berpasangan dengan fasilitas lain yang bernama Restores.
Fasiltas backup untuk membacup data dan sistem di komputer Windows Anda untuk menjaga keamanan data dan system, seangkan fasilitas restore digunakan untuk mengembalikan ke keadaan semula.
Microsoft sejak meluncurkan Windows Vista fasilitas ini sebenarnya sudah tersedia dan tentu saja tidak akan merusak data dan konfigurasi akan dikembalikan ke sistem sebeumnya.Dalam Windows 7, sistem restore ini jauh lebih baik dan sempurna, bahkan sangat bisa diandalkan untuk mengembalikan sistem ke sistem yang normal sebelum ada perubahan. Di sini Anda akan melihat daftar program yang akan ditambahkan atau dihapus, di sini akan terlihat informasi yang bisa digunakan untuk kita pilih.

Keamanan pada windows


  • Modus operasi transparan: modus ini menggunakan sepenuhnya kemampuan perangkat keras TPM 1.2 untuk memberikan keamanan yang tinggidengan kenyamanan kepada pengguna–pengguna dapat masuk log ke Windows Vista secara normal, seolah tidak ada proses enkripsi berlangsung di dalamnya. Kunci yang digunakan untuk melakukan enkripsi akan dienkripsi dengan menggunakan chip TPM dan hanya akan dibuka kepada kode pemuat sistem operasi jika berkas-berkas yang dibutuhkan dalam rangka proses booting terlihat belum dimodifikasi. Komponen BitLocker sebelum OS berjalan ini mampu melakukannya dengan mengimplementasikan metodologi Static Root of Trust Measurement, yang didefinisikan oleh Trusted Computing Group.
  • Modus autentikasi pengguna: Modus ini mengharuskan pengguna memasukkan beberapa parameter autentikasi dalam lingkungan sebelum melakukan proses booting agar mampu melakukan proses booting ke sistem operasi. Modus ini memiliki dua metodologi, yakni dengan menggunakan Personal Identification Number (PIN) yang dimasukkan oleh pengguna, atau perangkat USB yang dimasukkan oleh pengguna yang mengandung kunci yang dibutuhkan.
  • Modus USB Key: Pengguna harus memasukkan perangkat USB yang mengandung kunci yang dibutuhkan agar komputer mampu melakukan booting terhadap sistem operasi yang dilindungi oleh BitLocker. Modus ini memang tidak membutuhkan TPM, tapi modus ini membutuhkan BIOS yang mampu membaca perangkat USB sebelum booting.

Cara kerja

Berbeda dengan namanya, BitLocker Drive Encryption sebenarnya hanya merupakan sistem enkripsi terhadap sebuah volume/partisi saja. Sebuah volume mungkin bisa berupa satu hard drive, sebuah partisi, atau lebih dari satu buah hard drive. Dengan menggunakan alat bantu yang bersifat command-line, BitLocker dapat digunakan untuk mengamankan volume yang digunakan oleh sistem operasi, tetapi juga volume yang tidak dapat dienkripsi dengan menggunakan antarmuka grafisnya. Sistem operasi masa depan (mungkin Windows Server 2008) diharapkan dapat mendukung enkripsi terhadap volume tambahan selain volume booting dengan menggunakan antarmuka grafisnya. Selain itu, ketika diaktifkan, TPM dan BitLocker juga menjamin integritas jalur booting yang digunakan (BIOS, Master Boot Record, boot sector dan lain-lain) agar mencegah serangan fisik secara offline (offline attack), virus yang menyerang boot sector dan lain-lain.
Agar BitLocker dapat beroperasi, hard disk paling tidak harus memiliki dua buah volume yang harus diformat dengan menggunakan sistem berkas NTFS, yang dinamakan dengan “System Volume” (sebuah volume di mana sistem operasi mampu melakukan booting yang memiliki kapasitas paling tidak 1.5 Gigabyte) dan juga “Boot Volume“, yang mengandung Windows Vista. Perlu dicatat bahwa System Volume tidak dienkripsi, sehingga tidak boleh menyimpan data sensitif dan rahasia di sana. Tidak seperti versi Windows sebelumnya, alat bantu command-line diskpart bawaan Windows Vista mencakup kemampuan untuk mengecilkan ukuran volume NTFS sehingga system volume yang ditujukan untuk BitLocker pun dapat dibuat, tanpa harus melakukan repartisi hard drive.
Hanya volume yang berisi sistem operasi saja yang bisa dienkripsi dengan menggunakan antarmuka grafis. Akan tetapi, volume tambahan dapat dienkripsi dengan menggunakan skrip Windows Scripting Host, manage-bde.wsf. Fitur Encrypting File System (EFS) tetap disarankan sebagai solusi untuk enkripsi secara realtime dalam partisi NTFS. Penggunaan EFS juga sangat disarankan selain tentunya BitLocker, karena proteksi yang dilakukan oleh BitLocker akan berakhir mana kala kernel sistem operasi telah dimuat. Penggunaan dua fitur tersebut (BitLocker dan EFS) akan mampu melindungi beberapa jenis serangan.
Dalam lingkungan domain, BitLocker mendukung pembagian kunci terhadap dengan menggunakan Active Directory, selain tentunya antarmuka Windows Management Instrumentation (WMI) yang digunakan untuk melakukan administrasi jarak jauh terhadap fitur tersebut. Sebagai contoh penggunaan antarmuka WMI adalah skrip manage-bde.wsf (yang diletakkan di dalam \%WINDIR%\System32\) yang dapat digunakan untuk mengatur konfigurasi BitLocker dari command-line.

Keamanan BitLocker

Menurut Microsoft, BitLocker tidak mengandung backdoor; tidak ada jalan lolos bagi para penegak hukum untuk mengakses data pengguna yang telah disimpan di dalam hard drive yang diproteksi dengan menggunakan BitLocker. Hal ini telah menjadi pembicaraan di antara para pengguna berpengalaman dan paham masalah sekuritas sejak awal pengumuman fitur enkripsi cakram terintegrasi di dalam Vista.
Menurut artikel “Keys to Protecting Data with BitLocker Drive Encryption” yang dipublikasikan pada bulan Juni 2007 dalam majalah TechNet Magazine[1], modus operasi transparan dan modus autentikasi pengguna akan menggunakan perangkat keras TPM untuk mendeteksi apakah ada perubahan yang tidak diinginkan terhadap lingkungan sebelum booting, termasuk di antarany adalah BIOS, MBR, dan boot sector. Jika ada perubahan yang tidak diinginkan terdeteksi oleh BitLocker, BitLocker akan meminta sebuah kunci pemulihan (recovery) dari sebuah perangkat USB, atau password untuk pemulihan yang dimasukkan secara manual. Dua cara ini digunakan untuk melakukan dekripsi terhadap Volume Master Key (VMK) dan mengizinkan proses booting untuk terus berlanjut.
Salah satu implikasi dari sistem enkripsi berbasis perangkat lunak semacam BitLocker adalah bahwa kunci pemulihan dan proses pemasukan password dapat ditipu dengan menggunakan manajer booting lainnya atau melakukan instalasi sebuah sistem operasi. Setelah perangkat lunak menemukan password rahasia, maka program tersebut dapat digunakan untuk melakukan dekripsi terhadap VMK, yang kemudian mengizinkan akses untuk melakukan dekripsi terhadap hard disk yang dienkripsi dengan BitLocker. Risiko ini dapat diproteksi dengan mengonfigurasikan password pada BIOS agar hanya mampu melakukan booting dari hard disk saja, bukan dari perangkat lain lalu melindungi konfigurasi BIOS dengan password yang kuat. Hal ini tidak menjadi jaminan kemanan, karena memang pada umumnya di dalam motherboard terkandung sebuah jumper untuk menghilangkan memori CMOS yang digunakan untuk menyimpan password dan konfigurasi BIOS, sehingga komputer pun dapat digunakan.
BitLocker juga dapat beroperasi dalam modus USB Key. Risiko keamanan dalam kasus ini adalah bahwa sebuah program (baik itu program sebelum booting atau program setelah booting) dapat membaca kunci startup dari USB key tersebut untuk disimpan di sebuah tempat lainnya yang dapat digunakan pada waktu yang akan datang untuk melakukan dekripsi terhadpa VMK untuk mengizinkan akses terhadap hard disk yang diamankan oleh BitLocker. Risiko ini dapat dikurangi dengan mencabut USB Key dari port USB sebelum Windows menyelesaikan proses bootingnya, yang akhirnya mencegah malware untuk mencuri informasi yang terkandung di dalam USB Key tersebut. Selain itu, mengonfigurasikan BIOS agar hanya melakukan booting dari hard disk dan melindunginya dengan password yang kuat akan meningkatkan keamanan dengan memperumit instalasi sebuah lingkungan sebelum booting yang mampu mencuri kunci. Lagi-lagi, jika memori CMOS dihapus, hal ini akan meningkatkan kerawanan sistem.
Meskipun BitLocker mampu melindungi hard disk dari beberapa macam serangan, BitLocker tidak mampu melindungi hard disk dari serangan yang dilancarkan dari jaringan, karena Windows sedang berjalan (mengingat keamanan BitLocker hanya efektif sesaat sebelum booting saja). Karenanya, penggunaan EFS sangatlah disarankan.

Kamis, 29 September 2011

digital culture

perkembangan digital culture

Perkembangan Teknologi Informasi dewasa ini semakin meluas dan cepat, meliputi segalabidang kegiatan manusia, serta menggunakan infrastruktur dan aplikasi canggih yangmenjanjikan akurasi, kecepatan, dan biaya operasi murah pada setiap pekerjaannya.Keuntungan besar yang diberikan oleh Teknologi Informasi telah menyebabkan Bank Mandiritidak ragu untuk menginvestasikan dananya sampai jutaan untuk Teknologi Informasi.Demikian pula dengan perusahaan lainya.
Teknologi informasi yang merupakan penggabungan antara Teknologi Komputer danTeknologi Telekomunikasi (PTI) memberikan kemampuan kepada lembaga, industri atau perusahaan berupa peningkatan kecepatan waktu pencarian, pengolahan dan distribusiinformasi dari tempat manapun dan ke tempat manapun juga secara signifikan. Apa yang diberikan oleh Teknologi Informasi tersebut memungkinkan bagi setiap pengambil keputusan untuk dapat melakukan tindakan manajemen strategis secepat mungkin, sepertimemprediksi untung
rugi usaha seakurat mungkin, mendeteksi dan mengantisipasi masalahsedini mungkin, serta mengambil keputusan dan mensosialisasikannya secepat mungkin, dengantanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Bukan hanya menjanjikan kinerja tinggi dalam hal pengelolaan informasi, teknologi ini punmemberikanfe edback yang baik kepada pegawai dan keuangan. Penerapan teknologi yangmendukung pekerjaan dapat mengurangi beban kerja pegawai sehingga mereka memilikikesempatan untuk menggarap bidang lain yang sebelumnya tidak tergarap, atau dengan katalain memperluas dan memperdalam wilayah pekerjaan dalam lingkup job description dan kompetensinya.
Pada perkembangan berikutnya, sebagian besar pekerjaan kemudian dapat ditangani olehperangkat teknologi informasi sehingga kebutuhan perusahaan akan pegawai menjadiberkurang. Pengurangan pegawai akan menyebabkan beban honor berkurang. Kemudian danadapat dialokasi kepada hal lainnya yang penting, seperi peningkatan gaij pegawai, atau menjadiinvestasi jangka panjang perusahaan untuk keperluan pengembangan usaha, peningkatanlayanan, atau pengembangan teknologi.
Penggunaan Teknologi Informasi oleh sebagain besar lembaga, industri dan perusahaan,telah menciptakan daya saing yang lebih cepat lagi, di mana setiap pemilik modal akan dapatmengambil keuntungan dari perusahaannya secepat mungkin sepanjang lawan bisnisnya kalahdalam menerapkan Teknologi Informasi.

DIGITAL CULTURES

Pada intinya DIGITAL CULTURES adalah menggunakan value discreate (putus-putus) untuk menyatakan suatu informasi tertentu. Saat ini istilah digital sering di asosiasikan dengan penggunaan kode binary dalam komputer dan peralatan elektronik lainnya. namun dengan melihat definisi diatas maka sebenarnya banyak lagi hal yang bisa di sebut digital diantaranya, Kode asap orang indian kuno, kode morse, braile, kode DNA, bahkan kode bendera Semaphore juga bisa dibilang digital.
Namun tentu saja dalam blog ini digital yang dimaksud ialah penggunaan kodebinary dalam teknologi informasi, komputer dan elektronik. Dengan membatasi ini saja kita masih harus berfikir batasan-batasan tertentu seperti, device apa saja yang bisa dikategorikan digital, apakah misal lemari es yang bisa terkoneksi ke internet bisa di sebut digital device?
Berikut ini adalah definisi digital device and media menurut saya.
Digital Device ialah alat yang fungsi utamanya digunakan untuk mengambil (capture), menampilkan (showing), menyimpan (saving), mengolah (processing), dan mewadahi interaksi dari suatu informasi atau data tertentu berdasarkan kode digital binary. termasuk di dalamnya ialah:
Interactive Device:
1. Komputer Desktop, laptop, Palm Top, tablet PC, dst
2. PDA (Personal Data Assistance)
3. Cellular phone, Smart phone
4. Game consule
5. Game portable, NDS, PSP, Game boy
6. Digital paper
7. Calculator
8. Digital television
One way digital device:
1. GPS Modem/handheld
2. Digital Bilboard
3. Digital paper
4. Digital Watch
5. Digital television
6. Digital projector
7. Digital frame
8. MP3 player, ipod, etc
Digital Capture device:
1. Photo Camera Digital
2. Video Camera Digital
3. Scanner
4. Digital sensor
Digital to other medium
1. Printer digital
2. Fax digital
Digital Storage
1. CD
2. Memory Card
3. External HD
Selain itu digital application
1. Internet
2. Intranet
3. Mobile content
4. Mobile based software
5. Game software
6. Desktop software
7. ERP software

computer / network security

Komputer sebagai penghasil informasi Komputer
dikatakan sebagai penghasil karena dengan mengunakan komputer kita dapat memperoleh suatu informasi yang kita butuhkan. Misalnya saja dalam pengolahan suatu data, data yang diolah dengan mengunakan komputer tersebut akan menghasilkan informasi yang baru. Dalam melakukan pengelolaan data menjadi informasi.
Pemakaian komputer memiliki beberapa keunggulan seperti berikut di bawah ini.
a) Proses pengolahan yang cepat.
Mengingat informasi merupakan landasan bagi suatu pengambilan keputusan, maka datangnya tidak boleh terlambat. Jika sebuah informasi terlambat diterima, sudah barang tentu manfaatnya akan lebih rendah dibandingkan dengan jika informasi tersebut datang tepat pada waktunya. Dengan pengolahan data berbasis komputer dalam sistem informasi, masalah kecepatan dalam menghasilkan informasi dapat lebih teratasi. Komputer memang sudah teruji tingkat kecepatan prosesnya. Dari komputer generasi pertama yang hanya berkemampuan memproses ribuan operasi per detik sekarang sudah memiliki kemampuan milyaran operasi atau bahkan triliun operasi dalam setiap detiknya. Dengan kemampuan mempersingkat waktu pekerjaan tersebut membuat manusia tidak perlu mempersulit diri dan menghabiskan waktunya untuk satu pekerjaan saja serta bisa memanfaatkan waktu untuk juga mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lain.
b) Tingkat akurasi informasi yang dihasilkan cukup tinggi.
Akurat, berarti bahwa infornasi yang dihasilkan tepat sesuai dengan tujuan pengolahan data. Sebuah informasi harus akurat mengingat proses jalannya informasi dari sumber informasi sampai ke penerima banyak terdapat noise atau gangguan-gangguan yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut. Manusia dalam bekerja mengenal batas waktu dan tenaga tetapi tidak demikian halnya dengan sistem yang berbasis komputer. Karena komputer tidak memiliki mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer memiliki tingkat ketepatan yang sama dalam melakukan suatu proses tidak terbatas oleh waktu dan tenaga.
c) Efisiensi Sumber Daya Manusia.
Coba hitung berapa personil yang perusahaan butuhkan jika sistem informasi pada perusahaan Anda masih Tradisional. Sebut saja pada sistem pembuatan laporan keuangan. Ada petugas Jurnal, Internal Audit, Petugas Ledger, Petugas Adjustment sampai pada petugas pembuat Rugi Laba dan Neraca. Di dalam sistem informasi akuntansi yang berbasis komputer, personil-personil tersebut bisa diefiensikan dan didaya-gunakan untuk tugas-tugas yang lain yang tentunya lebih perlu, karena mulai dari proses input jurnal transaksi, posting data sampai pembuatan rugi laba dan neraca sudah dikerjakan oleh komputer, dan hanya memerlukan seorang operator saja untuk menjalankannya. Pada sistem akuntansi yang berbasis komputer, manusia sebagai operator sistem tinggal melakukan pemasukan data-data awal ke dalam komputer saja. Dalam hitungan detik setelah data-data dimasukkan, informasi akuntansi yang dibutuhkan dapat langsung ditampilkan dan dimanfaatkan untuk kegiatan selanjutnya.
d) Kemudahan Berinteraksi Dengan Penggunanya “Sistem Komputer Interaktif” menunjuk pada kemudahan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis komputer. Komputer dirancang sedemikian rupa baik dari sisi perangkat keras maupun lunaknya untuk membuat manusia betah mengoperasikannya. Penggunaan simbol-simbol atau tandatanda tertentu dalam pengoperasian program dapat dengan mudah dipahami oleh operatornya. Masalah bahasapun sudah bukan menjadi kendala lagi, mengingat sekarang sudah banyak program-program dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa.
B. Komputer sebagai pengolah informasi
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer. Bagaimana Komputer Bekerja Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus” a. Memori RAM Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka.
Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte. Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali – memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus. Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat – dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon b. Pemrosesan Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Berkas:CPU with pins.jpg Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata. Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
c. Input dan Hasil I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya. Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data yang akan menghasilkan suatu informasi “Are message items correct?” Informasi yang dihasilkan oleh proses pengolahan data, haruslah benar sesuai dengan perhitungan-perhitungan yang ada dalam proses tersebut. Sebgai contoh, jika sebuah informasi menunjukkan total nilai gaji yang harus dibayarkan pada seorang pegawai, maka informasi tersebut haruslah sudah benar dan memuat perhitungan-perhitungan matematis Yang paling menonjol adalah proses pengolahan data dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. Penggunaan komputer tersebut akan dapat terus mengurangi biaya-biaya pada posisi yang paling rendah dibandingkan dengan metode pengolahan yang lain.Grafik lain yang dapat membuktikan peningkatan nilai sebuah informasi adalah grafik hubungan Nilai Informasi, Biaya, dengan Waktu pengolahan data menjadi informasi
C. Komputer sebagai sarana komunikasi informasi
Dalam pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, gerak, dan video, serta memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif. Dekatnya hubungan antara informasi dan teknologi jaringan komunikasi telah menghasilkan dunia maya yang amat luas yang biasa disebut dengan teknologi cyberspace. Teknologi ini berisikan kumpulan informasi yang dapat diakses oleh semua orang dalam bentuk jaringan-jaringan komputer yang disebut jaringan internet. Sebagai media penyedia informasi internet juga merupakan sarana kegiatan komunitas komersial terbesar dan terpesat pertumbuhannya. Sistem jaringan memungkinkan setiap orang dapat mengetahui dan mengirimkan informasi secara cepat dan menghilangkan batas-batas teritorial suatu wilayah negara. Kepentingan yang ada bukan lagi sebatas kepentingan suatu bangsa semata, melainkan juga kepentingan regional bahkan internasional.
D. Komputer sebagai alat validasi informasi Validasi
adalah penentuan apakah informasi yang ada sudah dapat dijamin keabsahannya ataukah tidak. Komputer adalah peralatan yang dapat digunakan untuk untuk validasi suatu informasi, karna dengan teknologi yang dimiliki komputer mampu melacak kebenaran suatu informasi.
E. Komputer sebagai pengontrol informasi
Dewasa ini,komputer atau disebut PC sudah berada hampir di semua Rumah, Gedung atau perkantoran. Kebanyakan komputer lebih sering digunakan untuk keperluan ketik-mengetik, film, musik dan permainan. Padahal komputer juga bisa digunakan untuk keperluan pengontrolan peralatan listrik rumah tangga seperti lampu, kipas angin dan lain-lain dengan memanfaatkan Paralel Port (Port printer) pada komputer tersebut. Dalam dunia komputer, port adalah satu set instruksi atau perintah sinyal dimana microprocessor atau CPU (Central Processing Unit) menggunakannya untuk memindahkan data dari atau ke piranti lain. Penggunaan umum port adalah untuk berkomunikasi dengan printer, modem, keyboard dan display. Kebanyakan port-port komputer adalah berupa kode digital, di mana tiap-tiap sinyal atau bit adalah berupa kode biner 1 atau 0.

wireless networking

Pengertian Wireless Lan


Wi-Fi merupakan kependekan dari "Wireless Fidelity", memiliki
pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk 
Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN)
 yang didasari ada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari 
spesifikasi  802.11a  atau  b,  seperti  802.16 g, saat  ini sedang  
dalam  penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak 
peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga 
kecepatan transfernya.


      Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kecepatannya yang beberapa kali lebih cepat dari modem kabel yang tercepat. Jadi pemakai Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja.       Ada beragam standar 802.11 yang ditetapkan oleh IEEE. Untuk koneksi Wi-Fi antar perangkat, ada tiga jenis jaringan nirkabel yang ditetapkan oleh IEEE. Mereka adalah  standar  802.11a,  802.11b,  dan 802.11g.  Yang membedakan  masing-masing standar adalah jangkauan frekuensi dan kecepatan transfernya. Kebanyakan perangkat yang dijual saat ini dilengkapi standar 802.11b, meskipun kecepatan transfer datanya lebih lambat daripada kecepatan standar 802.11a. Pasalnya, kebanykan instalasi Wi-Fi saat ini dibangun menggunakan standar 802.11b.



PENGERTIAN JARINGAN WIRELESS

Jaringan Nirlakabel atau dikenal dengan nama Wireless, merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data-data digital yang dikirim melalui wireless akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik tersebut. Teknologi wireless jarak jauh, sangat berpotensi untuk diterapkan pada daerah pedesaan/pedalaman. Ciri utama dari teknologi jenis ini adalah biaya pembangunannya yang rendah, kemudahan pambangunan, dan kemampuannya untuk menjangkau wilayah geografis yang luas.
Wireless Fidelity (Wi-Fi) adalah nama yang diberikan oleh Wi-Fi Alliance untuk mendeskripsikan produk wireless local area network (WLAN) yang berdasarkan standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11. Tidak seperti jaringan kabel, jaringan wireless memiliki dua mode yang dapat digunakan : infastruktur dan Ad-Hoc. Konfigurasi infrastruktur adalah komunikasi antar masing-masing PC melalui sebuah access point pada WLAN atau LAN. Komunikasi Ad-Hoc adalah komunikasi secara langsung antara masing-masing komputer dengan menggunakan piranti wireless. Penggunaan kedua mode ini tergantung dari kebutuhan untuk berbagi data atau kebutuhan yang lain dengan jaringan berkabel.
Uniknya, Sinyal pada media transmisi wireless ini terputus-putus (intermittence) yang disebabkan oleh adanya benda antara pengirim dan penerima sehingga sinyal terhalang dan tidak sampai pada penerima (gejala ini sangat terasa pada komunikasi wireless dengan IR). Media transmisi wireless mengalami gejala yang disebut multipath (propagasi radio dari pengirim ke penerima melalui banyak jalur yang LoS dan yang tidak LOS/NLoS). Sinyal pada media radio sangat komplek untuk dipresentasikan kerena sinyalnya menggunakan bilangan imajiner, memiliki pola radiasi dan memiliki polarisasi(menyebar). Wireless Bersifat broadcast karena pola radiasinya yang memancar ke segala arah, sehingga semua terminal dapat menerima sinyal dari pengirim.
Media transmisi wireless memiliki keunggulan dan kelemahan, diantaranya sebagai berikut.  Adapun keunggulan dari media transmisi wireless :
·         Biaya pemeliharannya murah (hanya mencakup stasiun sel bukan seperti pada jaringan kabel yang mencakup keseluruhan kabel).
·         Infrastrukturnya berdimensi kecil, pembangunannya cepat, mudah dikembangkan (misalnya dengan konsep mikrosel dan teknik frequency reuse).
·         Mudah & murah untuk direlokasi dan mendukung portabelitas.
·         Koneksi Internet akses 24 jam, aksesnya yang cepat, dan bebas pulsa telpon.
Sedangkan kelemahan yang terletak pada media transmisi wireless :
·         Biaya peralatan mahal (kelemahan ini dapat dihilangkan dengan mengembangkan dan memproduksi teknologi komponen elektronika sehingga dapat menekan biaya jaringan).
·         Delay yang besar, adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul dan banyak sumber interferensi (kelemahan ini dapat diatasi dengan teknik modulasi, teknik antena diversity, teknik spread spectrum dll).
·         Kapasitas jaringan menghadapi keterbatas spektrum (pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan dengan efisien dengan bantuan bermacam-macam teknik seperti spread spectrum/DS-CDMA).
·         Keamanan data (kerahasian) kurang terjamin (kelemahan ini dapat diatasi misalnya dengan teknik spread spectrum) [1,7 dan 9].
Teknologi wireless memiliki fleksibelitas, mendukung mobilitas, memiliki teknik frequency reuse, selular dan handover, menawarkan efisiensi dalam waktu (penginstalan) dan biaya (pemeliharaan dan penginstalan ulang di tempat lain), mengurangi pemakaian kabel dan penambahan jumlah pengguna dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.