Kamis, 29 September 2011

digital culture

perkembangan digital culture

Perkembangan Teknologi Informasi dewasa ini semakin meluas dan cepat, meliputi segalabidang kegiatan manusia, serta menggunakan infrastruktur dan aplikasi canggih yangmenjanjikan akurasi, kecepatan, dan biaya operasi murah pada setiap pekerjaannya.Keuntungan besar yang diberikan oleh Teknologi Informasi telah menyebabkan Bank Mandiritidak ragu untuk menginvestasikan dananya sampai jutaan untuk Teknologi Informasi.Demikian pula dengan perusahaan lainya.
Teknologi informasi yang merupakan penggabungan antara Teknologi Komputer danTeknologi Telekomunikasi (PTI) memberikan kemampuan kepada lembaga, industri atau perusahaan berupa peningkatan kecepatan waktu pencarian, pengolahan dan distribusiinformasi dari tempat manapun dan ke tempat manapun juga secara signifikan. Apa yang diberikan oleh Teknologi Informasi tersebut memungkinkan bagi setiap pengambil keputusan untuk dapat melakukan tindakan manajemen strategis secepat mungkin, sepertimemprediksi untung
rugi usaha seakurat mungkin, mendeteksi dan mengantisipasi masalahsedini mungkin, serta mengambil keputusan dan mensosialisasikannya secepat mungkin, dengantanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Bukan hanya menjanjikan kinerja tinggi dalam hal pengelolaan informasi, teknologi ini punmemberikanfe edback yang baik kepada pegawai dan keuangan. Penerapan teknologi yangmendukung pekerjaan dapat mengurangi beban kerja pegawai sehingga mereka memilikikesempatan untuk menggarap bidang lain yang sebelumnya tidak tergarap, atau dengan katalain memperluas dan memperdalam wilayah pekerjaan dalam lingkup job description dan kompetensinya.
Pada perkembangan berikutnya, sebagian besar pekerjaan kemudian dapat ditangani olehperangkat teknologi informasi sehingga kebutuhan perusahaan akan pegawai menjadiberkurang. Pengurangan pegawai akan menyebabkan beban honor berkurang. Kemudian danadapat dialokasi kepada hal lainnya yang penting, seperi peningkatan gaij pegawai, atau menjadiinvestasi jangka panjang perusahaan untuk keperluan pengembangan usaha, peningkatanlayanan, atau pengembangan teknologi.
Penggunaan Teknologi Informasi oleh sebagain besar lembaga, industri dan perusahaan,telah menciptakan daya saing yang lebih cepat lagi, di mana setiap pemilik modal akan dapatmengambil keuntungan dari perusahaannya secepat mungkin sepanjang lawan bisnisnya kalahdalam menerapkan Teknologi Informasi.

DIGITAL CULTURES

Pada intinya DIGITAL CULTURES adalah menggunakan value discreate (putus-putus) untuk menyatakan suatu informasi tertentu. Saat ini istilah digital sering di asosiasikan dengan penggunaan kode binary dalam komputer dan peralatan elektronik lainnya. namun dengan melihat definisi diatas maka sebenarnya banyak lagi hal yang bisa di sebut digital diantaranya, Kode asap orang indian kuno, kode morse, braile, kode DNA, bahkan kode bendera Semaphore juga bisa dibilang digital.
Namun tentu saja dalam blog ini digital yang dimaksud ialah penggunaan kodebinary dalam teknologi informasi, komputer dan elektronik. Dengan membatasi ini saja kita masih harus berfikir batasan-batasan tertentu seperti, device apa saja yang bisa dikategorikan digital, apakah misal lemari es yang bisa terkoneksi ke internet bisa di sebut digital device?
Berikut ini adalah definisi digital device and media menurut saya.
Digital Device ialah alat yang fungsi utamanya digunakan untuk mengambil (capture), menampilkan (showing), menyimpan (saving), mengolah (processing), dan mewadahi interaksi dari suatu informasi atau data tertentu berdasarkan kode digital binary. termasuk di dalamnya ialah:
Interactive Device:
1. Komputer Desktop, laptop, Palm Top, tablet PC, dst
2. PDA (Personal Data Assistance)
3. Cellular phone, Smart phone
4. Game consule
5. Game portable, NDS, PSP, Game boy
6. Digital paper
7. Calculator
8. Digital television
One way digital device:
1. GPS Modem/handheld
2. Digital Bilboard
3. Digital paper
4. Digital Watch
5. Digital television
6. Digital projector
7. Digital frame
8. MP3 player, ipod, etc
Digital Capture device:
1. Photo Camera Digital
2. Video Camera Digital
3. Scanner
4. Digital sensor
Digital to other medium
1. Printer digital
2. Fax digital
Digital Storage
1. CD
2. Memory Card
3. External HD
Selain itu digital application
1. Internet
2. Intranet
3. Mobile content
4. Mobile based software
5. Game software
6. Desktop software
7. ERP software

Tidak ada komentar:

Posting Komentar